Colt Diesel FE SHDX K, Direct Injection yang Gesit


Dump truk canter adalah jenis truk angkut produksi Mitsubishi yang sejak puluhan tahun populer di kalangan pengusaha di Indonesia. Hal ini dikarenakan ketangguhannya dalam melewati berbagai jalanan di Indonesia, termasuk jalanan di pelosok yang belum diaspal.

Tidak sekadar jalanan yang belum diaspal truk canter juga dapat melewati jalanan menanjak dan berliku, seperti jalanan desa-desa di lereng gunung. Salah satu dump truk yang mampu beradaptasi dengan medan ekstrim Indonesia adalah Colt Diesel FE SHDX K.

Beban yang Dapat Diangkut dan Daya tanjak FE SHDX K

Sesuai dengan namanya, kendaraan niaga ini merupakan seri light duty truck (LDT) artinya, ia tidak dapat membawa beban yang terlalu berat. Beban angkut maksimalnya termasuk dengan beban rangka dan kabin truk adalah 8.250 kg,

Sementara itu berat rangka dalam dan kabin truk ini adalah 2.370 kg. Jadi, berat bersih barang-barang yang dapat diangkut oleh FE SHDX K kurang lebih adalah 5,5 ton.

Kapasitas beban tersebut merupakan kapasitas ideal untuk mengangkut hasil perkebunan, pertanian, hasil tambang, dan untuk mengangkut sepeda bermotor maupun perabotan saat pindah rumah.

Karena beban yang dapat diangkut kurang dari 6 ton, maka truk ini memiliki kecepatan maksimum yang terhitung sangat cepat untuk ukuran truk, yaitu 110 km/jam. Sangat pas digunakan oleh perusahaan yang dituntut untuk mengantarkan barang tepat waktu.

Tidak hanya bisa ngebut, truk canter ini juga dapat mendaki jalanan yang curam dengan kemiringan hingga 38,5 tan. Namun, kemiringan tersebut dapat dilalui apabila truk membawa beban sesuai dengan maksimum berat total truk atau GVW.

Kelebihan Colt Diesel yang Dibekali Direct Injection

Kecepatan dan kemampuan mendaki tersebut didukung oleh mesin 4D34-2AT7 yang sudah memiliki sistem direct injeksi, berkapasitas 3.908 cc, dan dilengkapi dengan sistem pendinginan mesin diesel turbo intercooler.

Diesel yang sudah direct injection membuat panas dari mesin jadi lebih terkontrol, sehingga mesin tidak akan overheat yang dapat menyebabkan mesin mati mendadak saking panasnya.

Tidak hanya itu, teknologi turbo intercooler membuat mesin bisa cepat dingin setelah digunakan untuk menempuh jarak ribuan kilometer, sehingga overheat pada mesin semakin mudah untuk dihindari.

Nilai plus lain dari perpaduan diesel injeksi langsung berteknologi turbo intercooler adalah mesin lebih mudah dinyalakan dalam keadaan dingin. Dengan demikian, jika ada kepentingan mendadak, truk ini bisa dipanaskan dalam waktu 5 menit saja.

Terakhir, kelebihan mesin direct injection pada Colt Diesel FE SHDX K membuat truk hemat bahan bakar.

Berbicara mengenai kelebihan Colt Diesel FE SHDX K dari segi mesin dan performa saja rasanya tidak cukup. Dari segi kenyamanan penggunaan, box truk ini tidak hanya bisa menggunakan jenis dump box, tapi juga bisa menggunakan box kayu.

Berat box kayu tentu lebih ringan dibandingkan dump box dari baja, sehingga jatah beban barang bawaan bisa ditambah/diperbanyak tanpa perlu takut melewati batas maksimum GVW truk Colt Diesel ini.

Posting Komentar

0 Komentar