Berbagai Jenis Genset

Berbagai-Jenis-Genset

Banyak berbagai macam peralatan dalam kehidupan sehari-hari kita yang perlu menggunakan listrik, mulai dari peralatan rumah tangga, sekolah, industri hingga peralatan pribadi membutuhkan listrik untuk beroperasi. Tapi terkadang listrik juga ada sewaktu waktu mengalami permasalahan, pemadaman atau sulitnya mencari sumber listrik di daerah-daerah tertentu seperti di lokasi-lokasi proyek. Pada keadaan seperti itu maka genset menjadi pilihan untuk menghadirkan kembali listrik yang diperlukan agar kegiatan keseharian dapat berjalan kembali dengan lancar. 
 
Genset (Generator set) adalah perangkat kombinasi antara pembangkit listrik (generator) dan mesin penggerak yang digabung dalam satu set unit untuk menghasilkan tenaga listrik. Mesin penggerak pada genset umumnya merupakan mesin pembakaran internal berupa motor / mesin diesel dengan bahan bakar solar dan mesin dengan bahan bakar bensin. Sedangkan generator adalah perangkat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Prinsip kerja generator menggunakan prinsip percobaannya faraday yaitu memutar magnet dalam kumparan atau sebaliknya, ketika magnet digerakkan dalam kumparan maka akan terjadi perubahan fluks gaya magnet (perubahan arah penyebaran medan magnet) di dalam kumparan dan menembus tegak lurus terhadap kumparan sehingga menyebabkan beda potensial antara ujung-ujung kumparan (yang menimbulkan listrik). 
 
Struktur generator yang cukup rumit sehingga tidak semua orang dapat memahami, apabila terjadi kerusakan atau permasalahan dalam generator set atau genset dapat segera menggunakan teknisi genset. Agar diperhatikan dalam mencari teknisi genset karena diperlukan keahlian khusus, selalu gunakan jasa teknisi genset berpengalaman agar mendapatkan pelayanan yang terbaik di https://sewatama.com/id/
 
Genset memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bahan bakarnya. Tidak semua genset menggunakan bahan bakar yang sama. Adalah jenis di atas yang menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya. Umumnya, suplai bahan bakar gas tersedia melalui tabung gas LPG (Liquid Petroleum Gas) atau CNG (Compressed Natural Gas). Selain itu, terdapat genset yang memanfaatkan bahan bakar diesel. Jenis ini sangat mudah dioperasikan sehingga lebih umum digunakan juga. Selain itu genset jenis ini memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi yaitu kisaran 5kW (5.000 watt) hingga 2Mw (2.000.000 watt). Tak hanya itu, terdapat juga mesin berbahan bakar bensin, jenis yang portabel, hingga mesin turbin yang tentunya bisa kamu pilih untuk hunianmu. 
 
Kini, auto transfer switch atau ATS mulai umum ditemukan di pasaran dan memang sangat dibutuhkan agar pekerjaan sehari-hari dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Prinsip kerjanya sama dengan mesin genset pada umumnya, namun terdapat beberapa tambahan fitur. Panel pada genset dengan ATS harus dilengkapi dengan timer dan memiliki alat penyimpan daya DC untuk menghidupkan mesin yang ada pada panel tersebut saat daya listrik terputus dari PLN.

Posting Komentar

0 Komentar