Alarm Mobil Bunyi Sendiri? Ini Penyebabnya!

Alarm-Mobil-Bunyi-Sendiri-Ini-Penyebabnya

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami masalah alarm mobil bunyi sendiri .Ya, hal ini bisa saja terjadi pada siapapun. Apalagi bagi orang yang sering mengalami hal ini, tentunya akan sangat merepotkan dan membuang banyak waktu. 

Berbicara alarm mobil, tentunya alat ini sangat penting untuk mencegah berbagai macam tindak kejahatan yang bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Namun, bagaimana jika alarm mobil menyala tapi situasi sekitar aman-aman saja? 

Anda sebagai pemilik mobil pastinya penasaran apasih yang salah dari mobil Anda. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap beberapa penyebab yang membuat alarm mobil bunyi dengan sendirinya seperti yang dilansir dari https://www.harapanrakyat.com/

Ini dia Penyebab Mengapa Mobil Sering Bunyi Sendiri 

Bagi Anda yang bingung kenapa alarm mobil bunyi terus dan susah dimatikan, di bawah ini ada beberapa penyebab yang membuat alarm mobil Anda berbunyi meski tidak ada apa-apa: 

1. Kepekaan Modul Alarm yang tinggi 

Penyebab selanjutnya adalah kepekaan modul alarm yang tinggi. Modul alarm yang terlalu peka akan membuat alarm mudah untuk menangkap sensor sehingga berbunyi. Sinyal yang ditangkap bisa berupa getaran suara, atau pun sentuhan. 

Mobil yang memiliki kepekaan modul yang tinggi maka alarm akan dengan mudah bunyi, meski kecil, alarm mobil akan berbunyi. Untuk menyetel kembali modul alarm, Anda harus membawa mobil ke bengkel. 

2. Sensor Pintu yang terlalu peka 

Alarm mobil bunyi sendiri dapat terjadi ketika pintu dibuka tidak dengan remote control. Remot control ini terhubung dengan switch pintu mobil, dan kap mesin. Anda tinggal memencet tombol Off jika alarm berbunyi. 

Sayangnya, tidak semua kendaraan memiliki sensor tersebut contohnya toyota avanza. Alternatifnya ialah dengan menyabut sekring alarm atau akinya. 

3. Habisnya Baterai Central Lok 

Penyebab lainnya adalah baterai central lok habis, kalau baterai ini habis jalan satu-satunya Anda harus membuka pintu dengan cara manual. Namun, hal ini akan membuat bunyi yang terus menerus. Oleh karena itu, Anda harus rutin mengecek baterai central loknya. 

4. Ada pintu mobil yang belum rapat tertutup 

Salah satu yang membuat alarm mobil bunyi sendiri sendiri yakni kurang tertutupnya pintu mobil Anda. Karena pintu mobil tidak tertutup dengan sempurna membuat sensor pada alarm membaca adanya sesuatu yang tidak aman sehingga alarm otomatis akan berbunyi. 

Toleh karena itu, jika Anda meninggalkan mobil, pastikan bahwa pintu mobil tertutup dengan rapat. Selain itu, disarankan untuk menempatkan posisi switch lampu plafon pada posisi door mobil. Dengan menempatkan switch lampu ke posisi door dapat memudahkan Anda untuk mengecek sudah tertutup atau tidak pintu mobil Anda. 

Jika pintu mobil sudah tertutup dengan sempurna maka lampu platfon akan mati. Sedangkan jika pintu mobil tidak tertutup dengan rapat maka lampu plafon akan menyala. Setelah switchnya ditempatkan pada door maka pintu mobil akan terkunci rapat, dan lihatlah apakah lampu kabin mati atau nyala Jika menyala artinya ada pintu mobil yang belum tertutup dengan rapat, Anda harus memastikan ke empat pintu mobil harus tertutup dengan sempurna. Karena alarm akan berhenti ketika ke empat pintu mobil tertutup dengan sempurna. 

5. Rusaknya Sensor Kap Mesin 

Untuk dapat menghentikannya, Anda dapat membuka tutup kap mesin dan kembali menutupnya. Jika alarm tetap terus bunyi, Anda dapat lihat sensor pintu kap mesinnya yang terletak di bawah kap mesin. Sensor ini dapat Anda setting sendiri. Jika alarm masih bunyi berarti ada kerusakan di sensornya, dan Anda harus menggantinya. 

6. Rusaknya komponen alarm 

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri yang selanjutnya adalah komponen alarm rusak yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya perawatan yang kurang. Kalau Komponen alarm sudah rusak, maka Anda harus menggantinya dengan komponen yang baru, dan juga yang memiliki kualitas bagus. 

Itulah beberapa penyebab yang biasa membuat alarm mobil bunyi sendiri. Setelah Anda tahu penyebabnya, tentu hal ini dapat mencegah terjadinya masalah pada alarm mobil Anda untuk ke depannya. Jika terlanjur, maka Anda bisa mempelajari cara membetulkannya. 

Posting Komentar

0 Komentar