Tips Memilih Sepatu Olahraga sesuai Keperluan


Kekeliruan pilih sepatu olahraga yang mengakibatkan ketidaksesuaian dengan kegiatan olahraga yang dikerjakan, bisa memunculkan bermacam keluhan. Dari mulai jari kaki lecet, rasa sakit di bagian betis (shin splint), taji tumit, rasa sakit pada tendon achilles dibagian belakang kaki (achilles tendonitis), ngilu punggung, sakit lutut, serta sakit pinggul. 

Pilih Sepatu Olahraga Sesuai dengan Keperluan 

Olahraga yang dikerjakan sekitar 3x atau lebih pada setiap minggu, memerlukan sepatu olahraga spesial. Ada banyak kelompok dari sepatu olahraga, yakni sepatu untuk jalan kaki, sepatu untuk lari, serta sepatu untuk olahraga lapangan. Diluar itu ada juga sepatu olahraga outdoor serta pekerjaan olahraga spesial yang lain, seperti golf serta bersepeda. 

Di bawah ini sepatu olahraga yang paling umum dipakai, diantaranya: 

1. Sepatu untuk lari. 

Sepatu type ini benar-benar fleksibel hingga bisa memberi dukungan kaki untuk menekuk setiap saat pemakainya mengambil langkah. Tetapi, sepatu type ini tidak pas bila dipakai untuk olahraga type lain. Contohnya untuk tenis yang memerlukan pergerakan ke samping. 

2. Sepatu aerobik. 

Untuk olahraga ini, sepatu yang dipakai harus fleksibel, dapat menyokong serta jadi bantalan yang menahan, sekaligus juga meminimalisasi bentrokan pada kaki. 

3. Sepatu untuk berjalan. 

Berjalan adalah satu bentuk olah badan yang benar-benar baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ini membutuhkan sepatu yang bisa kurangi rasa ngilu pada tumit serta mata kaki. Pilih sepatu olahraga yang mudah, tetapi dapat menahan bentrokan di bagian tumit kaki. Sepatu untuk berjalan semestinya lebih kaku dibagian depan supaya jari kaki bertambah nyaman. 

4. Sepatu tenis serta squash. 

Pada kegiatan olahraga yang memakai raket, Anda dianjurkan memakai sepatu olahraga spesial yang bisa memberi dukungan pergerakan ke samping. Karena itu, sepatu type ini umumnya lebih kaku serta berat dibanding sepatu lari. 

5. Sepatu basket serta olahraga sejenisnya. 

Untuk memperoleh faedah optimal dari peranan sepatu olahraga pada permainan di lapangan terbuka atau tertutup, sama dengan olahraga basket atau olahraga sejenisnya, dibutuhkan sepatu dengan gabungan elastisitas sekaligus juga memberi dukungan pergerakan ke samping. 

6. Sepatu sepak bola. 

Sepatu untuk sepak bola harus dapat menahan jumlahnya desakan pada kaki. Terhitung saat permainan itu dikerjakan pada lapangan hijau bikinan. Bila sepatu yang dipakai tidak cocok, pemain bola beresiko alami kapalan pada permukaan kulit atau masalah perkembangan kuku kaki. 

7. Sepatu cross trainers. 

Sepatu olahaga type ini menggabungkan fungsi-fungsi dengan sekaligus juga agar digunakan dalam lebih dari satu kegiatan olahraga. Fitur-fiturnya harus mempunyai elastisitas di bagian depan kaki buat lari, tetapi harus juga mempunyai kendali yang baik untuk pergerakan yang lebih lebar sama dengan aerobik atau tenis.

Posting Komentar

0 Komentar