Ini Pola Makan yang Baik Untuk Mencegah Kanker Usus Besar


Walau faktor-faktor efek kanker usus besar tidak bisa dihindari, seperti unsur keturunan serta umur, tetapi kesempatan untuk terserang penyakit ini dapat dikurangi bila Anda mengaplikasikan skema makan sehat. Triknya dengan: 

1. Batasi mengonsumsi daging merah serta daging olahan 

Daging merah serta daging olahan, khususnya yang dibuat dalam temperatur tinggi (contohnya digoreng atau dibakar), bisa membuahkan zat kimia serta radikal bebas yang punya potensi mengakibatkan kanker. Oleh karenanya, batasilah mengonsumsi daging merah serta daging olahan terbanyak 70 gr /hari untuk orang dewasa. 

Daging yang termasuk daging merah diantaranya ialah daging sapi, domba, babi, serta kambing. Sedang contoh daging olahan ialah ham, sosis, bacon, kornet, serta daging kalengan. 

Untuk menahan kekurangan zat besi karena penetapan mengonsumsi daging merah, Anda dapat konsumsi daging ayam, ikan, kerang, telur, serta kacang-kacangan. 

2. Perbanyak konsumsi serat serta anti-oksidan 

Serat serta anti-oksidan kaya akan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian, terhitung gandum utuh. 

Serat bertindak penting untuk lancarkan buang air besar (BAB) serta merangsang pergerakan usus, hingga menolong kelancaran pembuangan zat beracun yang bisa tingkatkan efek berlangsungnya kanker usus besar. Sedang anti-oksidan bisa menantang dampak radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan beberapa sel usus besar. 

Dari beberapa riset, diketemukan jika orang yang jalani skema makan tinggi buah dan sayur (vegetarian) mempunyai efek yang lebih rendah untuk terserang kanker usus besar dibanding orang yang non-vegetarian. 

3. Tingkatkan mengonsumsi lemak sehat, kalsium, serta vitamin D 

Makanan tinggi lemak sehat, seperti omega-3, disangka baik untuk menahan timbulnya kanker usus besar. Konsumsi lemak sehat dapat didapat dari ikan laut serta minyak yang sehat. 

Diluar itu, kalsium serta vitamin D yang kaya akan dalam produk dairy, seperti susu, keju, serta yogurt, disangka baik untuk menahan kanker usus besar. Tetapi, semestinya pilih susu serta produk susu yang rendah lemak. 

Di samping merubah skema makan, ada langkah-langkah yang semestinya Anda kerjakan untuk menahan kanker usus besar, yakni: 

  • Jaga berat tubuh masih baik. 
  • Teratur olahraga sepanjang kira-kira 30 menit tiap hari. 
  • Menghindarkan asap rokok. 
  • Batasi mengonsumsi minuman mengandung alkohol tidak kurang dari 30 ml /hari. 
  • Teratur jalani kontrol skrining kanker usus besar supaya penyakit ini bisa terdeteksi semenjak awal. 

Bila keluarga Anda mempunyai kisah kanker usus besar atau Anda mempunyai pola hidup yang beresiko tinggi mengakibatkan penyakit ini, lakukan kontrol ke dokter dengan teratur. Makin awal kanker usus besar terdeteksi serta diobati, kesempatan kesembuhannya akan makin besar.

Posting Komentar

0 Komentar