Ini Penyebab Gangguan Perilaku Makan Menyimpang yang Terjadi Pada Wanita


Biasanya, masalah makan yang berlangsung pada wanita dikarenakan ingin memperoleh citra badan yang diharapkannya. Tapi, semasing masalah makan mempunyai unsur sebabnya pada wanita hingga wanita bisa alami masalah makan yang berlainan, walau dengan arah yang sama. 

1. Pemicu anoreksia nervosa pada wanita 

Anoreksia nervosa ialah keadaan saat satu orang benar-benar ketakutan akan kebaikan berat tubuh. Ini membuat penderitanya menghindarkan makan, walau sebenarnya berat tubuh aktualnya waktu itu sangatlah rendah alias tidak normal. 

Umumnya, diikuti dengan rutinitas satu orang meremehkan rasa laparnya hingga dapat tahan tidak untuk makan dalam periode waktu lama. Diluar itu, orang yang menanggung derita masalah makan ini akan alami penurunan berat tubuh yang cukup mencolok. 

Orang yang terbanyak diketemukan alami masalah makan ini ialah wanita pada umur remaja sampai dewasa. Ini dikarenakan pada umur itu, beberapa wanita condong benar-benar perduli dengan citra tubuhnya serta bodi image yang baik di golongan gadis pada umur itu ialah yang langsing serta semampai. 

Hingga, beberapa wanita yang takut gemuk serta merasakan tidak diterima di warga bila tidak penuhi standard badan baik di lingkungannya, akan berupaya mengatur skema makannya. Ini dikerjakan supaya tidak merubah bentuk badan serta berat badannya. 

Wanita yang alami masalah makan ini umumnya ingin merasakan diterima di warga serta ingin di cintai oleh lingkungannya jadi bentuk pembuktian pada dirinya hingga dia berupaya ‘menuruti’ penilaian standard warga tentang citra badan. 

Satu diantara misalnya ialah penari balet atau atlet gymnasctic. Keberhasilan dari ke-2 karier ini bukan sekedar diukur dari talenta yang mereka punya, dan juga dari deskripsi badan baik yang dipunyai oleh lingkungannya. 

Hingga, bila ingin sukses dalam berkarir, beberapa penari balet serta atlet gymnastic merasakan harus ikuti standard badan baik itu. 

2. Pemicu bulimia nervosa pada wanita 

Masalah makan yang seringkali berlangsung pada wanita ialah bulimia nervosa. Bulimia ialah masalah makan dengan siklus makan banyak terlebih dulu selanjutnya dikeluarkan kembali sesudahnya. Ini umumnya berlangsung pada wanita yang melepas depresi, rasa kuatir, sampai stres dengan makan banyak. 

Tapi, kemauan makan banyak itu cuma bertahan hingga sementara depresi itu hilang. Lalu, ada rasa bersalah sebab dianya sudah makan kebanyakan. 

Hal tersebut memicunya untuk keluarkan kembali makanan itu dengan berlebihan seperti olahraga terlalu berlebih atau memuntahkan makanan. Beberapa hal itu dipandang seperti ‘penebusan dosa’ karena makan yang kebanyakan. 

Pada wanita, skema makan semacam ini berlangsung sebab walau dia ingin mengalirkan rasa depresi yang dipunyainya lewat makan banyak, dia masih ingin jaga citra tubuhnya sesuai standard warga. 

Hingga, bila dengan makan banyak bisa mengakibatkan kerusakan citra tubuhnya, dia akan ikhlas kembalikan keadaan tubuhnya dengan lakukan beberapa hal sekalinya hal tersebut bisa membahayakan kesehatannya. Oleh karenanya masalah makan ini banyak berlangsung pada wanita. 

3. Pemicu binge-eating disorder pada wanita 

Binge-eating disorder (BED) ialah masalah makan yang bila berlangsung pada wanita dapat juga dibarengi dengan stress atau stres. Keadaan ini diikuti dengan rutinitas makan kebanyakan, serta waktu wanita itu tidak merasakan lapar. 

Pada wanita, ini bisa dipacu oleh depresi hingga tanpa ada sadar wanita konsumsi makanan lebih dari batas normalnya. Di keadaan ini, wanita akan merasakan kesusahan memperbedakan mana yang lapar sebenarnya serta mana yang cuma lapar mata. 

Hingga, setiap saat dia merasakan lapar, dia langsung konsumsi makanan yang diharapkannya. Tapi, bila dibiarkan terus-terusan, rutinitas makan ini bisa membuat wanita alami obesitas

Posting Komentar

0 Komentar