Dampak Dari Melumasi Rantai Motor Menggunakan Oli Bekas


Rantai sepeda motor adalah salah satunya elemen yang penting dari satu kendaraan. Maka, supaya manfaatnya masih optimal, rantai sepeda motor butuh dirawat, serta diantaranya dengan memberi pelumas. 

Nah tentang pelumas rantai, ada pemilik yang lebih pilih untuk beli chain lube, serta ada juga yang malah memakai oli sisa sebab tambah murah serta praktis. Tetapi, mana yang terbaik 

Bila bicara yang paling baik, chain lube pasti pilihan paling baik. Masalahnya produk pelumas ini spesial dibuat untuk melumasi serta menjaga rantai. Sesaat oli sisa, bukan pilihan bijak mengingat tidak sesuai manfaatnya. 

Bila Anda masih memaksakan memakai oli sisa jadi pelumas rantai, ada banyak efek jelek yang dapat berlangsung, seperti oli mesin membuat rantai motor bertambah cepat memuai. Imbasnya, rantai bisa saja kendur serta melar. 

Diluar itu, oli sisa beresiko membuat elemen rantai cepat rusak, seperti o-ring serta yang lain. Selanjutnya, dampak pelumasannya pun tidak akan optimal sebab tidak sesuai manfaatnya. 

Oli sisa memiliki kandungan serbuk gr serta kotoran dari dalam mesin. Kotoran ini dapat melekat, serta justru akan menarik semakin banyak kotoran untuk melekat pada rantai. Lalu, oli sisa berbentuk lengket, serta justru akan mengotori rantai, bukan melumasi. 

Dalam kata lain, memakai oli sisa jadi pelumas rantai bukan inspirasi baik. Serta dalam keadaan genting sekalinya. 

Bagaimana bila memakai minyak goreng? 

Bila dibandingkan dengan oli sisa, minyak goreng masih bisa saja pilihan genting. Tetapi ingat, yakinkan Anda memakai minyak goreng yang baru, bukan jelantah. 

Faktanya, minyak goreng warnanya bening hingga rantai kelihatan bersih. Diluar itu, minyak goreng juga lebih gampang didapatkan, tidak memunculkan reaksi negatif untuk rantai, tidak mengakibatkan pemuaian pada rantai serta condong gampang dibikin bersih (dibandingkan oli sisa). 

Tetapi sayang, potensi minyak goreng dalam melumasi termasuk benar-benar rendah alias gampang habis. Karena itu, waktu memakai minyak goreng jadi pelumas rantai, Anda harus sering-sering memeriksa keadaan rantai, apa telah kering atau belum. 

Dalam kata lain, bila dalam keadaan genting, minyak goreng bisa saja pilihan untuk melumasi rantai. Tetapi ingat, ini cuma untuk keadaan genting saja!

Posting Komentar

0 Komentar