5 Cara Benar Mengurangi Kulit Wajah yang Berminyak


Kurangi minyak di muka tidak dapat dikerjakan asal-asalan. Bila dikerjakan terlalu berlebih atau dengan tidak pas, kulit muka dapat jadi kering serta iritasi. Untuk tahu langkah kurangi minyak di muka secara benar serta efisien, baca keterangan tersebut. 

Minyak alami muka atau atau sebum sebetulnya baik untuk jaga kelembaban kulit serta menahan keriput. Tetapi, minyak yang terlalu berlebih dapat menutup pori-pori serta mengakibatkan munculnya komedo serta jerawat. 

Bertambahnya produksi minyak di permukaan kulit dapat dipacu oleh faktor-faktor, seperti unsur keturunan, masalah hormon, bertambahnya umur, seringkali berkeringat, atau depresi terlalu berlebih. 

Ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk kurangi minyak berlebihan di muka, yakni: 

1. Membersihkan muka 2x satu hari 

Anda dianjurkan membersihkan muka sekitar 2x satu hari, yakni saat pagi serta malam hari, atau saat kulit muka sedang berkeringat banyak. Lakukan untuk membersihkan muka serta tersisa make-up sebelum tidur. 

Waktu membersihkan muka, pakailah sabun pembersih muka yang memiliki bahan lembut serta jauhi menggosoknya begitu keras untuk menahan iritasi pada kulit muka. 

2. Pilih produk perawatan kulit muka dengan jeli 

Waktu memakai produk perawatan muka serta make-up, pilih yang memiliki bahan basic air serta tidak memiliki kandungan minyak dan alkohol. Umumnya produk itu memiliki loabel "oil free" atau "noncomedogenic". 

Diluar itu, Anda dapat juga memakai produk perawatan kulit muka yang memiliki kandungan tretinoin, glycolic acid atau salicylic acid. Produk yang memiliki kandungan beberapa bahan itu berguna untuk buang minyak berlebihan, memperkecil pori-pori, serta menolong menangani jerawat. 

Namun, hati-hatilah pada produk memiliki bahan tretonoin, sebab kandungan itu tidak aman dipakai oleh wanita hamil atau wanita yang sedang merencanakan untuk hamil. 

3. Memakai pelembap dengan teratur 

Ada yang memandang jika pemilik kulit berminyak tak perlu menggunakan pelembap. Walau sebenarnya, asumsi itu tidak benar. Pemilik kulit berminyak masih memerlukan pelembap, tetapi cuma pada ruang yang berminyak serta tak perlu memakainya tiap hari. Diluar itu, pilih pelembap yang bebas minyak supaya pori-pori tidak terhalang. 

4. Memakai tabir surya 

Waktu melakukan aktivitas di luar ruang, tetap pakai tabir surya bebas minyak yang mempunyai SPF minimum 30 serta diperkaya dengan zinc oxide serta titanium dioxide. 

Tabir surya akan membuat perlindungan kulit Anda dari paparan cahaya matahari yang bisa mengakibatkan keriput, bintik-bintik penuaan, serta kanker kulit. Untuk mengoptimalkan perlindungan pada kulit, Anda dapat juga memakai topi atau kacamata hitam. 

5. Tempelkan kertas minyak 

Waktu kulit muka di rasa benar-benar berminyak, coba pakai kertas minyak. Langkah memakainya dengan tempelkan kertas itu pada ruang yang berminyak sepanjang beberapa menit, lalu angkat. Jangan menggosokannya kertas minyak ke kulit muka, sebab malah akan menebarkan minyak ke ruang muka lainnya. 

Kulit berminyak rawan alami jerawat. Namun, waktu permasalahan kulit ini ada, semestinya jangan sentuh atau memencet jerawat, sebab bisa membuat jerawat makin meradang serta infeksi. Diluar itu, jerawat yang dipencet dapat juga memunculkan sisa jerawat yang susah hilang. 

Tidak hanya dengan cara-cara di atas, Anda pun butuh menyeimbangi perawatan kulit muka berminyak dengan gaya hidup yang sehat. Jika kulit berminyak masih susah ditangani, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk memperoleh perawatan selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar