4 hal Berikut yang Membuat Kelopak Mata Anda Kering


Kelopak mata tersusun dari bantalan lemak serta pembuluh darah yang diselubungi oleh susunan kulit tipis. Waktu susunan kulit ini kering, kelopak mata Anda bisa jadi kasar, pecah-pecah, sampai bersisik. Lalu, apa unsur yang mengakibatkan keadaan itu? 

Bermacam pemicu kelopak mata kering 

Ada beberapa jenis hal yang mengakibatkan kelopak mata Anda kering. Dari mulai kelembaban kulit sampai keadaan medis tersendiri. 

1. Menyusutnya kelembaban kulit kelopak mata 

Kelembaban kulit kelopak mata Anda bisa menyusut karena unsur iklim serta cuaca, lingkungan, dan umur. Iklim kering, cuaca dingin, kelembaban udara yang rendah, dan mandi serta bersihkan muka dengan air hangat jadi beberapa pemicu yang paling umum. 

Bersamaan menambahnya umur, kulit kelopak mata Anda pun akan tipis serta menyusut kelembapannya. Oleh karena itu, Anda butuh lakukan usaha tambahan untuk jaga kelopak mata masih lembap serta tidak gampang kering. Contohnya, menghindarkan sering-sering membersihkan muka dengan air hangat. 

2. Dermatitis kontak 

Kulit kering, khususnya dibarengi gatal, adalah tanda-tanda penting dari dermatitis kontak. Keadaan ini berlangsung sebab kulit terkena zat yang memunculkan iritasi. Zat pemicu iritasi umumnya datang dari: 
  • Debu 
  • Produk perawatan badan, seperti sabun, shampo, conditioner, serta sejenisnya 
  • Produk make up 
  • Produk perawatan kulit 
  • Produk yang memiliki kandungan minyak wangi 
  • Pelembap serta tabir surya 
  • Alat pengeriting atau pencabut bulu mata 
  • Kaporit dari kolam renang 
Dermatitis kontak bisa berlangsung setiap saat, sekalinya Anda tidak mempunyai kisah alergi pada zat tersendiri. Jika kelopak mata jadi kering sesudah Anda memakai satu produk, hentikan pemakaian produk itu. 

3. Blefaritis 

Blefaritis adalah keadaan peradangan pada kelopak mata. Sebabnya bisa datang dari bakteri atau permasalahan pada kulit seperti ketombe serta rosacea. Berdasar tempat timbulnya penyakit, blefaritis terdiri jadi dua type, yakni: 
  • Blefaritis anterior dibagian luar kelopak mata, persisnya pada pertemuan di antara kelopak mata serta bulu mata. 
  • Blefaritis posterior dibagian dalam kelopak mata yang sentuh bola mata. 
Peradangan pada blefaritis membuat kelopak mata jadi kering, terlihat kemerahan, alami iritasi, serta berasa gatal. Sentuh serta mengucek-ucek mata bisa jadi parah infeksi, bahkan juga mengakibatkan kehancuran pada jaringan mata. 

4. Dermatitis atopik 

Dermatitis atopik ialah penyakit kulit akut yang banyak berlangsung pada beberapa anak. Pemicu penyakit ini belum didapati dengan tentu, tetapi pemicunya dapat datang dari unsur genetik, lingkungan, dan reaksi terlalu berlebih skema kebal badan. 

Dermatitis atopik mempunyai tanda-tanda yang seperti dengan dermatitis kontak, tapi kedua-duanya ialah permasalahan kulit yang berlainan. 

Pada dermatitis kontak, kelopak mata jadi kering karena kontak langsung dengan zat kimia yang mengiritasi kulit. Sesaat pada dermatitis kontak, penderitanya mempunyai kulit yang lebih rawan pada kering serta iritasi. 

Beberapa ilmuwan menyangka, kulit pasien dermatitis atopik mempunyai susunan pelindung yang lebih tipis dibanding kulit normal. 

Kulit kelopak mata yang kering bisa normal kembali sepanjang Anda jaga kelembaban serta kesehatannya. Jauhkan kelopak mata Anda dari paparan udara kering, air panas, dan beberapa produk yang memunculkan iritasi. 

Bila keadaan kelopak mata Anda tidak lebih baik atau ada pertanda dermatitis serta blefaritis, coba konsultasi dengan dokter. Dokter akan lakukan rangkaian kontrol untuk pastikan analisis serta memberi obat yang dibutuhkan.

Posting Komentar

0 Komentar