Tips Cara Mengatasi Jerawat Muncul di Telinga


Jerawat di telinga bisa jadi ada pada beberapa orang. Walau tidak sekerap jerawat di muka atau leher, Anda perlu tetap tahu pemicu serta langkah menanganinya. 

Jerawat di telinga umumnya ada telinga sisi luar, yakni daun telinga serta aliran telinga. Keadaan ini bisa berlangsung pada siapapun terhitung remaja serta orang dewasa. 

Pemicu Jerawat di Telinga 

Jerawat di telinga bisa dikarenakan oleh penambahan produksi minyak atau penimbunan beberapa sel kulit mati atau bakteri di pori-pori kulit telinga sisi luar. 

Diluar itu, faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat di telinga: 

  • Tidak seimbangan hormon, seperti waktu puber atau mendekati menstruasi. 
  • Pemakaian produk kosmetik atau produk perawatan rambut yang tentang telinga serta menyebabkan reaksi peradangan. 
  • Infeksi bakteri di telinga yang umumnya berlangsung karena cedera atau rutinitas seringkali sentuh atau menggaruk telinga dengan jari yang kotor. 

Rutinitas memakai earphone atau headphone yang jarang-jarang dibikin bersih dapat juga menyebabkan timbulnya jerawat di telinga. 
Langkah Menangani Jerawat di Telinga 

Sebetulnya, jerawat di telinga dapat lebih baik serta hilang dengan sendirinya. Namun, keadaan ini terkadang memunculkan rasa tidak nyaman serta ngilu. Untuk menanganinya, dokter bisa memberi beberapa pilihan obat tersebut: 

1. Vitamin A Topikal 

Vitamin A topikal adalah obat beri yang memiliki kandungan vitamin A serta seringkali dipakai untuk menangani jerawat yang mudah sampai sedang. Satu diantara pilihannya ialah tretinoin. Tetapi, obat ini tidak disarankan untuk dipakai oleh wanita hamil. 

2. Benzoyl peroxide 

Benzoyl peroxide ialah obat yang seringkali dipakai serta efisien untuk menangani jerawat, sebab dapat membunuh bakteri serta kurangi kandungan minyak di kulit. Benzoyl peroxide ada berbentuk gel, losion, cream, serta sabun. 

3. Antibiotik 

Bila jerawat di telinga dikarenakan oleh infeksi bakteri serta keadaannya cukup kronis, dokter kemungkinan memberi penyembuhan dengan antibiotik, seperti minocycline, doxycycline, serta tetracycline. 

4. Obat sistemik 

Satu diantara obat sistemik yang seringkali dipakai untuk menangani jerawat ialah isotretinoin. Obat ini memiliki kandungan vitamin A serta umumnya akan diberi bila jerawat cukup kronis. Tetapi, obat ini tidak bisa diminum waktu hamil sebab bisa mengakibatkan kecacatan pada janin. 

Tidak hanya memakai obat-obatan di atas, jauhi memencet jerawat di telinga sebab memunculkan iritasi pada kulit serta telinga, tinggalkan sisa, jadi memperburuk keadaan jerawat, mengakibatkan jerawat terinfeksi bakteri. 

Walau beberapa obat yang disebut di atas dapat didapat dengan bebas tanpa ada resep dokter, tetapi Anda masih dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter waktu alami jerawat di telinga, supaya pengobatannya lebih aman serta sesuai keadaan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar